LANGKAH atau CARA MENYETEL KLEP MOBIL


Mekanik Katup ( valve mechanism)
Mekanik katup 
Bahan : dibuat dari bahan paduan besi baja dengan elemen - elemen lain, umpamanya dengan zat arang, silicon - chrom, nikel, wolfram, mangan.
Seperti:
·       Katup masuk terbuat dari paduan baja chrom nikel.
·       Katup buang terbuat dari paduan baja silicon.
Syarat - syarat daripada katup:
·       Harus ringan
·       Harus kuat dan tahan getaran tinggi
·       Tahan lama dalam pemakain.
Perbedaan katup masuk dan katup buang.
Katup masuk 
·       Biasanya diameter katup lebih besar daripada katup buang.
·       Terdapat tanda IN
·       Mudah ditarik magnet
Katup buang
·       Biasanya diameter katup lebih kecil daripada katup masuk.
·       Terdapat tanda EX
·       Sukar ditarik magnet sebab campuran nikel banyak sekali.


Fungsi Klep:
·       Membuka dan menutup pintu pemasukan udara / gas dan membuang sisa gas yang telah terbakar pada saat yang telah ditentukan.
·       Mencegah kebocoran kompresi dan letupan pembakaran.
Macam - macam dari katup:
·       Katup masuk: katup yang digunakan sebagai pintu pemasukan udara untuk membekali mesin dari saluran masuk. Piring katup dibuat tipis supaya meringankan beban putaran pada poros bubungan.
·       Katup buang: Katup yang digunakan sebagai pintu pembuang sisa gas pembakaran ke saluran buang. Piring katup dibuat tebal dari pada katup masuk, supaya tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk.
Bagian - bagian mekanik katup dan gunanya:
a. Katup ( valve) bila diuraikan lagi maka menjadi bagian - bagian:
1. Piring katup :
·       sebagai bidang penutup katup berguna untuk merapatkan penutupan katup dengan dudukan katup.
·       tebal piring katup sebagai penentu masa pakai dari katup.
·       diameter piring katup dibuat menurut kebutuhan dari motor masing - masing.



2. Batang katup berguna untuk tempat kedudukan pegas, pelindung pegas, cincin pelat, penahan pegas, kunci penahan pegas serta mendapat tekanan untuk pembukaan dari katup.

b. Pegas katup ( valve spring) ; berguna untuk mengembalikan kedudukan katup pada waktu katup menutup.

c. Kunci penahan pegas berguna untuk menahan pegas tekan dengan penahan pegasnya.

d. Sekrup penyetel dan mur pengunci berguna untuk menentukan penyetelan celah katup, dan menahan duduknya baut penyetel supaya tidak berubah.

e. Batang penumbuk katup ( tappet) terdapat dua macam yaitu: penumbuk katup mekani tekanan dan penumbuk katup hidrolik. Gunanya untuk menerima tekanan dari gerak putar nok poros bubungan dan diteruskan menjadi tekanan lurus kepada katup tersebut.

f. Pelatuk katup ( rocker arm): digunakan pada mesin - mesin dengan konstruksi katup kepala, katup kombinasi serta over head camshaft, yang berguna untuk menghantar tekanan dari batang penumbuk katup dan meneruskan kepada ujung batang katup.

g. Dudukan katup ( valve seat) : sebagai tempat penutupan katup - katup yang dirapatkan dengan bidang dari katup.

h. Pengangkat katup ( valve lifter); berguna untuk menjamin bekerjanya katup - katup agar dapat menjadi lurus gerakannya dari batang penumbuk katup tersebut.


Cara Menyetel Klep:
Peralatan yang perlu disiapkan :
1. Obeng Min
2. Kunci Ring 12/13 atau yang sesuai
3. Feeller gauge
4. Kunci 18/19 atau ukuran yang sesuai
Prosedurnya :
1.     Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 1/2 mm. Kemudian lepas seal washernya.
2.     Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya.
3.     Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi.
4.     Menyetelnya, pertama putar puli kruk-as searah jarum jam, pakai kunci ring 19 guna mencari posisi Top 1 dan 4. Artinya, piston silinder 1 dan 4 berada di titik mati atas (TMA). Posisi Top juga ditunjukkan oleh coakan pada puli kruk-as. Yaitu, saat coakan tadi berada tepat di garis nol.
5.     Biar gampang untuk menentukan posisi Top 1 dan 4, pegang dan putar push rod. Bila push rod pada silinder 1 dapat diputar, berarti dalam keadaan bebas atau bisa disetel. Ini artinya Top 1. Jika ingin mendapatkan Top 4, putar lagi puli satu putaran. Saat Top 1, katup yang disetel katup isap dan buang silinder 1. Berikutnya katup isap silinder 2 dan katup buang silinder 3. Sedangkan pada Top 4, yang disetel klep buang silinder 2, klep isap silinder 3, dan katup isap dan buang pada silinder 4.
6.     Menentukan katup isap, lihat posisi katup yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold).
7.     Sama halnya saat menentukan katup buang. Perhatikan posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).
8.     Kendurkan baut setelan celah katup dengan kunci ring 12.
9.     Setel celah katup pakai obeng minus. Untuk mengukur celah katup, gunakan feeler gauge. Setelan klep paling tepat, saat putaran obeng mulai terasa berat dan feeler gauge terasa seret kalau ditarik. Lalu segera kencangkan kembali baut pengikat klep. Terakhir, rakit kembali tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.

Jika penyetelan dilakukan secara bersamaan :

1. Memposisikan TOP Silinder 1.
 Putar mesin melalui pulley dengan kunci yang sesuai sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1

2. Valve/klep yang dapat di stel:
Silinder 1 klep Hisap & Buang.
Silinder 2 Klep Hisap.
Silinder 3 klep Buang.
Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

3. Memposisikan Top Silinder 4.
Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.

4. Valve/klep yang dapat di stel:
Silinder 4 klep Hisap & Buang.
Silinder 3Klep Hisap.
Silinder 2 klep Buang.
Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.

Demikian infromasi yang dapat saya sampaikan mengenai CARA MENYETEL KATUP (KLEP) Semoga dapat bermanfa'at, Terimakasih.



REFERENSI


http://belajar-otomotif-1.blogspot.co.id/2013/08/mekanik-katup-valve-mechanism.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM REM CAKRAM MOBIL DAN FUNGSI NYA

TUJUAN DAN MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN / PKL / PI / MAGANG)

MAKALAH SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA INGGRIS