KOMPONEN DAN FUNGSI MESIN MOBIL
KOMPONEN DAN FUNGSI MESIN MOBIL
1.
Blok Silinder (Cylinder
Block)
Fungsi
: Sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses
pembakaran
2. Cincin
Torak (Ring Piston)
Fungsi : -
Mencegah kebocoran gas saat langkah kompressi dan usaha
-
Mencegah oli masuk keruang bakar
-
Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder
3. Batang
Torak (Connecting Rod)
Fungsi :
Menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan
meneruskannya ke poros engkol (crank shaft)
4. Poros
Engkol (Crankshaft)
Fungsi :
Merubah gerak turun naik piston menjadi gerak putar yang akhirnya
menggerakkan roda-roda
5.
Bantalan (Bearing)
Fungsi : Mencegah keausan dan mengurangi gesekan
pada poros engkol (crank shaft)
6. Roda
Penerus (Flywheel)
Fungsi :
Menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan pada langkah usaha, agar poros
engkol (crank shaft) tetap berputar terus pada langkah lain nya
7. Katup
(Valve)
Fungsi :
Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang
8. Pegas
Katup (Valve Spring)
Fungsi :
Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula
9. Batang
penumbuk (Push rod)
Fungsi :
Meneruskan gerak lifter ke rocker arm
10. Penumbuk katup (Valve Lifter)
Fungsi
: Memindahkan gerak cam shaft ke
rocker arm melalui push rod
11. Poros
Bubungan (Camshaft)
Fungsi :
Membuka dan menutup katup sesuai timming yang ditentukan
12. Karter
(Oil Pan)
Fungsi :
Menampung oli untuk pelumasan
13. Piston
Pin
Fungsi :
Menghubungkan piston dengan connecting rod melalui lubang bushing
14. Bantalan
Luncur Aksial (Thrust Washer)
Fungsi :
Menahan poros engkol (crank shaft) agar tidak bergerak maju-mundur
15. Kepala
Silinder (Cylinder Head)
Fungsi :
Menempatkan mekanisme katup, ruang bakar dan juga sebagai tutup silinder
Komentar
Posting Komentar