KOMPONEN DAN FUNGSI SISTEM PENDINGIN MOBIL
KOMPONEN
BESERTA FUNGSI SISTEM PEDINGIN
Sistem pendingin air
terdiri dari Radiator,kipas pendingin,Thermostat,saluran air,dan bagian
bagian lain.Cairan pendingin mendinginkan mesin dan pada saat yang sama
bersirkulasi melalui Oil Cooler,dan Heater,menjaga agar suhunya selalu
sesuai.
Radiator:
berfungsi utk mendinginkan cairan pendingin yg telah menjadi panas
setelah melewati komponen mesin. Radiator terdiri dari tabung atas dan bawah yg
dihubungkan dengan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan
air pendingin.
Tutup Radiator:
radiator dilengkapi dengan tutup radiator yang bertekanan dan menutup
radiator dengan rapat. tutup radiator dilengkapi dengan 2 buah katup yaitu
katup vakum dan katup tekan. tutp air pendingin selalu tetap.
Thermostat:
pada umumnya efesiensi kerja mesin akan maksimal jika suhu kerja
mesin pada 80-93 derajat celcius. Thermostat berfungsi untuk mempercepat
tercapainya suhu kerja mesin saat mesin masih dingin dan mempertahankan mesin
selalu pada suhu kerjanya. Thermostat dipasang antara radiator dan sirkuit
pendingin (silinder block dan silinder heat). Thermostat bekerja seperti katup
otomatis yang bekerja berdasarkan panas, dimana pada waktu dingin katup akan
menutup dan pada waktu panas katup akan membuka.
Kipas pendingin:
Radiator didinginkan oleh aliran udara luar yang mengalir melewati
sirip-siripnya. Pada saat kendaraan berhenti aliran udara tidak akan cukkup
untuk
mendinginkan radiator. Untuk mengatasi hal ini maka dibelakang radiator
dipasang kipas pendingin
untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator. Ada
2 jenis kipas yang sering digunakan pada kendaraan yaitu kipas yang digerakan
oleh motor listrik dan kipas manual yang digerakan oleh poros engkel mesin itu
sendiri melalui talli kipas/V-belt.
Tangki Cadangan(Reservoir Tank):
Reservoir Tank dihubungkan ke radiator melaui selang overflow. Reservoir
Tank ini berfungsi untuk menjaga agar volume air pendingin selalu stabil.
Pompa Air(Water Pump):
Berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dengan tekanan. Pompa
yang digunakan umumnya adalah type sentrifugal. Pompa ini digerakan oleh
poros engkel melalui tali kipas(v-belt).
Komentar
Posting Komentar